rangkuman bab 3



rangkuman bab 3

maheswary shabira g 8e


kemajuan teknologi-

suatu aplikasi teknologi dapat didukung dari teknologi lain yang dapat dinikmati pengguna dan memberikan nilai ekonomi kepada produsen. oleh karena itu, beberapa teknologi dasar yang mengawali dan kemungkinkan berbagai aplikasi teknologi dilakukan dan digunakan secara massal.

a. machine learning

teknik untuk menganalisis data yang mengajarkan komputer berperilaku atau berpikir layaknya manusia/binatang, yaitu belajar dari pengalaman.

b. computer vision

computer Vision merupakan bagian dari artificial intelligence yang mengembangkan Teknik untuk membantu computer dapat melihat dan memahami konten gambar digital, seperti foto dan video.

c. natural language processing (NLP)

Natural Language Processing atau sering disingkat NLP adalah bagian dari teknologi artificial intelligence yang memungkinkan suatu mesin membaca, memahami, dan mengetahui arti Bahasa manusia. Berbagai perkembangan NLP dalam aplikasi antara lain:

-  Chatbot

-  Program translate

-  Analisis sentiment

-  Search auto-Complete

-  Descriptive analytic

-  Search auto-correct

-  Form spelling check

d. jaringan 5G

teknologi yang akan banyak berpengaruh dan berberan mengubah cara hidup dan cara manusia melakukan sesuatu. teknologi tersebut diklaim mempunyai kecepatan sampai 20 gbps saat melakukan download dan 10 gbps saat melakukan upload. ada tiga kategori utama dari penggunaan teknologi 5G, di antaranya:

-  Komunikasi mesin ke mesin secara massif

-  Komunikasi ultra-reliable dengan latensi rendah

-  Meningkatkan layanan telepon mobile

e. internet of things (IoT)

Internet of Things atau sering disebut IoT adalah teknologi yang memungkinkan berbagai perangkat terhubung ke jaringan internet, dimana perangkat tersebut memiliki kemampuan untuk mengirimkan data ke dan menerima data dari internet.

ellectronic commerce-

Electric Commerce (e-commerce) atau perdagangan secara elektronik adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama internet. Selain dilakukan oleh perusahaan kepada pelanggan, saat ini perdagangan elektronik juga dapat dilakukan antara individe dengan individu. Ada banyak individua tau pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang melakukan penjualan di internet memanfaatkan halaman web marketplace yang ada.

Marketplace adalah halaman web internet yang memungkinkan setiap penggunanya membuka took online dan menampilkan barang-barang yang dijual di halaman web mereka. 

 pembayaran online-

Pembayaran online adalah layanan di internet yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran secara online ketika melakukan transaksi di internet. Di antara penyedia layanan pembayaran online, PayPal merupakan layanan finansial online yang paling banyak digunakan.

 Internet Banking dan SMS Banking-

Internet banking adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan internet. Layanan internet banking memungkinkan para nasabah bank melakukan transaksi perbankan di internet. Di Indonesia, hamper semua bank besar telah menyediakan layanan internet banking. 

SMS banking adalah layanan perbankan dari bank yang dilakukan dengan menggunakan SMS. Layanan SMS banking memungkinkan nasabah bank melakukan transaksi perbankan dengan hanya mengirimkan SMS ke nomor tertentu yang disediakan oleh bank. 

 Pembayaran Digital-

Pembayaran digital atau digital payment adalah metode transaksi atau pembayaran untuk barang dan jasa melalui media digital atau elektronik, tanpa melibatkan alat pembayaran cek atau uang tunai. Pembayaran digital dikenal juga dengan istilah pembayaran elektronik (electronic payment atau e-payment) dan pembayaran online (online payment). 

a.     Aplikasi Pembayaran Mobile 

Aplikasi pembayaran mobile adalah metode pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang ditempatkan di perangkat smartphone.

b.    Uang Digital

Uang digital (digital currencies) atau uang virtual atau dikenal juga dengan nama cryptocurrency, yaitu mata uang yang mempunyai format digital, yang dibuat dalam bentuk token atau ‘koin’.

c.     Aplikasi Pembayaran dari Media Sosial

Beberapa media social tidak hanya mengembangkan layanan interaksi social di internet, tetapi juga memberikan layanan untuk melakukan pembayaran dari pengguna ke pengguna lain (peer to peer) atau dari pengguna ke pelaku usaha di media social. 

E-Government-

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pemerintahan dikenal dengan istilah e-government atau e-gov (electronic government). Beberapa contoh penggunaan teknologi oleh pemerintah kota/daerah dan dari beberapa departemen untuk pelayanan yang saat ini telah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, di antaranya:

-    Layanan pengajuan paspor online dan layanan legalisasi dokumen dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

-    Layanan legalisasi dokumen dan pengaduan dari Kementerian Luar Negeri

-    Sistem Pengelolaan Keuangan Daerah (SKPD), e-SDM, e-Monitoring, e-Education, e-Permit, dll.

-    Sistem e-Musrenbang, e-Budgeting, e-Planning, dll.

-    Sistem e-government Binjai Smart City (BSC) dengan 14 sitem e-government dari Pemerintah Kota Binjai, Sumatera Utara.

-    Aplikasi Hibah Bansos (Sabilulungan), Perizinan Online, dan Aplikasi Elektronik Remunerisasi Kerja (E-RK) dari Pemerintah Kota Bandung.

 Transportasi Berbasis Online-

Aplikasi transportasi berbasis online dipelopori oleh Uber yang ada sejak Maret 2009. Saat ini, Uber mempunyai pendapatan tahunan lebih dari USD 11 miliar dengan tingkat kapitalisasi pasar sebesar USD 74 miliar dan memiliki lebih dari 19.000 pekerja. Saat ini, jenis layanan transportasi online semakin beragam, seperti layanan kirim dokumen atau paket serta beli dan antar makanan. 

 Telepon Seluler (Ponsel)-

Telepon seluler berkembang dari teknologi radio yang telah ada sejak tahun 1940-an. Telepon seluler (cellphone) atau telepon bergerak (mobile phone) merupakan salah satu teknologi yang sangat berpengaruh pada kehidupan manusia. Teknologi ini berhasil mengubah cara manusia melakukan berbagai hal dalam kehidupan dan telah berperan menjadi alat komunikasi, hiburan, alat kerja, dan berbagai hal lainnya. 

E-Health-

E-health adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam usaha meningkatkan kesehatan dan perawatan kesehatan. Bentuk penggunaan TIK dalam bidang kesehatan mencakup pencegahan dan Pendidikan, diagnosis, terapi, serta perawatan melalui teknologi digital yang tak tergantung pada waktu dan tempat. Dalam bidang kesehatan, teknologi informasi dan komunikasi digunakan untuk beberapa peranan, di antaranya sebagai berikut. 

-     Administrasi

-     Perawatan Pasien Langsung

-     Engineering/information systems/information and communications technology

-     Informatika

-     Penelitian/biomedicine

beberapa aplikasi layanan kesehatan yang dilakukan dengan memanfaatkan TIK. 

a.     Konsultasi Dokter Online

b.    Electronic Health Record (EHR)

c.     Clinical Decision Support System (CDSS)

d.    WebMD Pain Coach

e.     Glucose Buddy

f.      uChek

g.    Clinical Trial Seek

h.    Healthy Heart 2

i.      Kardia Mobile (EKG)

j.      CDC

k.     Operasi Jarak Jauh

Mobil Self-Driving-

Teknologi ini memungkinkan kendaraan bergerak sendiri tanpa harus dikendalikan oleh pengemudi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 90% dari kecelakaan di jalan raya yang banyak menimbulkan korban disebabkan oleh kesalahan manusia. Penerapan mobil self-driving akan berdampak pada meningkatnya keamanan jalan raya. Saat ini, ada beberapa teknologi yang digunakan yang membuat mobil self-driving dapat direalisasikan, antara lain sebagai berikut.

a.     Sensor IoT

b.    Konektivitas IoT

c.     Algoritma Perangkat Lunak

 Media Sosial-

Media social (social media) dapat didefinisikan sebagai saluran komunikasi kolektif yang dilakukan secara online dan memungkinkan penggunanya untuk saling berinteraksi, berbagi konten, dan berkolaborasi dalam komuitas. Sosial media dilengkapi fitur-fitur tersebut.

a.     Akun pengguna

b.    Profil pengguna

c.     Teman-teman, pengikut, grup hashtags, dll.

d.    News feeds

e.     Notifikasi

f.      Memperbarui atau mem-posting informasi

g.    Tombol like dan komentar

h.    Review, rating, atau system voting

beberapa fitur yang dapat kita gunakan untuk terhindar dari berbagai macam bahaya di dunia online, yaitu sebagai berikut.

-     Mengatur profil dan privasi

-     Unfollow

-     Unfriend

-     Block

-     Mematikan notifikasi

-     Menghentikan komentar

-     Mengatur posting-an dan komentar

Berbagai masalah dan bahaya dapat disebabkan oleh adanya media social, antara lain sebagai berikut.

a.     Spam

b.    Cyberbullying/Cyberstalking

c.     Memanipulasi Jati Diri

d.    Informasi yang Berlebihan

e.     Berita Palsu atau Hoaks

f.      Privacy/Security

g.    Penipuan atau Fraud

h.    Phubbing (phone snubbing)

i.      Kecanduan dan Gangguan kesehatan

j.      Ujaran Kebencian (Hate Speech)

k.     Mengancam Presiden/Wakil Presiden

l.      Konten Negatif

m.   Penghinaan dan Pencemaran Nama Baik

n.    Pemerasan dan Pengancaman

Ada beberapa etika yang harus dipatuhi dan dijalankan ketika menggunakan media social, antara lain sebagai berikut.

a.     Menjaga Privasi Pribadi dan Orang Lain

b.    Hati-hati Mem-posting Sesuatu

c.     Memberi Komentar yang Wajar dan Tidak Menyerang Pribadi

d.    Menggunakan Bahasa yang Baik

e.     Tidak Mem-posting Konten Negatif

f.      Menghargai Karya Orang Lain

g.    Tidak Membagikan Berita Palsu atau Hoaks

h.    Menggunakan Etika Komunikasi yang Baik

Comments

Popular Posts