maulid nabi, loketa dan bulba

maulid nabi, loketa dan bulba

maheswary shabira g 8e 22



Assallamualaikum WR.WB.

Hai semua nama saya maheswary shabira gryselda dari kelas 8e absen 22. Hari ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengenai lomba loketa bulba dan acara maulid nabi SAW. Pada dasarnya lomba loketa bulba biasanya diadakan 1 tahun sekali di smp lanschool jakarta, sayangnya pada tahun ini lomba dan acara peringati maulid nabi tersebut harus dilakukan online karena pandemi masi berlangsung. Loketa adalah singaktan dari lomba ketrampilan agama yang antara lain ada lomba tahfiz, da'i, MTQ, adzan, komik islami dan kaligrafi. Bulba adalah bulan bahasa yang antara lain terdapat lomba debat, pidato, puisi, e-poster, fotu dan cerpen. 

Acara ini dilakukan pada tanggal 26 oktober 2020 tepat pada hari senin. acara dimulai dari memperingati hari maulid nabi lalu, dilanjutkan dengan lomba. tidak hanya angkatan 28 saja yang mengikuti acara ini, angaktan 27 dan 29 serta guru-guru smp labschool jakarta juga ikut berpatisipasi. Pukul 05.00 saya bangun dari ranjang untuk sholat shubuh, setelah itu saya mandi dan mengisi absen di elabscloud agar ditandai hadir tepat waktu. Setelah absen saya bergegas makan, dan siap siap seperti laptop, charger, dan device lainnya karena acaranya mulai jam 7.00. Pastinya saya langsung memasukan code meeting zoom dan password yang diberikan. Oh iya! pada tanggal itu kita tidak belajar, hanya saja ada lomba dan maulid nabi. 

Acara maulid nabi disambut dengan meriah oleh osis smp labchool jakarta, lalu dilanjut dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dll. setelah sambutan ada tilawah dan sari tilawah dari rohis. Acara memperingati maulid nabi diberi materi oleh kak Usaid Fattahurrahman, materi yang disampaikan sangat bagus dan mengisnpirasi. Kebetulan saya mengikuti salah satu lomba bulba yaitu fotu, fotu adalah foto virtual yang hasilnya akan diupload di instagram. Setelah acara maulid nabi selesai murid dikasih waktu 30 menit untuk beristirahat sampai pukul 09.00 WIB. pada jam istirahat saya menggunakan waktunya sebaik mungkin dengan merehatkan mata agar tidak sakit lalu mencharge laptop, dsb. Jam istirahat berlalu, waktu yang ditunggu- tunggu yaitu acara lomba bulba dan loketa. bagi yang mengikuti lomba dapat menjoin zoom yang disediakan jika tidak mengikuti lomba murid murid bisa menjadi supporters di lomba debat.

karna saya mengikuti lomba fotu, jadi saya join zoom lomba fotu yang udah disediakan. Disitu kita dituntun oleh pengawas untuk submit foto kita ke classroom dengan code yang sudah dibuat. Setelah mengupload saya dan teman-teman yang mengikiuti lomba disuruh untuk leave zoom meeting. Saya putuskan untuk menyusul teman saya yang menjadi supporters di lomba debat. Setelah lomba debat selesai, murid diharapkan leave zoom meeting angkatan lalu dilanjutkan dengan sholat jumat di rumah masing-masing dan melanjutkan aktivitasnya di rumah.

Menurut saya acara maulid nabi dan lomba loketa dan bulba tahun 2020 ini keren banget. sebenernya saya pribadi tidak menyangka bisa diadakan acara lomba ini secara online dengan sukses. Tetap meriah acaranya seperti offline, tetapi online seperti ini jadi ada beberapa masalah seperti kuota, wifi, kamera/ mic rusak, dsb. initinya offline maupun online kita harus tetap semangat karena online tidak mengalangi kita untuk menunjukan bakat iho!. semoga pandemi cepat selesai agar acara ini di tahun 2021 bisa diadakan secara offline.

stay safe and stay healthy, fighting!!

Wassallamualaikum WR.WB.






Comments

Popular Posts